IP

Minggu, 14 Februari 2010

Filasafat (Kedudukannya sebagai Ilmu)

Filsafat dalam kedudukannya sebagai Ilmu, mengingat sifatnya yg universal maka filsafat merupakan Induk yg mencakup semua ilmu khusus. Akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya ilmu-ilmu khusus itu satu demi satu memisahkan diri dari induknya, filsafat. Mula-mula matematika dan fisika melepaskan diri, kemudian diikuti oleh ilmu-ilmu lain. Namun demikian filsafat tetap menjadi sebuah kajian yg selalu menjadi muara yg memecahkan persoalan-persoalan yg tidak mampu dijawab oleh ilmu-ilmu khusus. Pembahasan filsafat kali ini akan membicarakan mengenai cabang-cabang filsafat untuk mengetahui apa saja yg masih menjadi bagian dari filsafat yg menjadikannya istimewa sebagai induk dari ilmu-ilmu yg lain.


Ahli filsafat biasanya mempunyai pembagian yg berbeda-beda. Berikut ini pembagian cabang-cabang filsafat yg dikemukakan oleh beberapa filsuf :
  1. H. De Vos, menggolongkan filsafat sebagai berikut; Metafisika; Logika; ajaran tentang Ilmu Pengetahuan; Filsafat Alam; Filsafat Sejarah; Etika; Estetika dan Antropologi.
  2. Prof. Albuerey Castell membagi masalah-masalah filsafat menjadi enam; masalah teologis; masalah metafisika; masalah epistimologi; masalah etika; masalah politik dan masalah sejarah.
  3. Dr. Richard H. Popkin dan Dr. Avrum Astroll dalam buku mereka, philoshopy made simple, membagi pembahasan mereka ke dalam tujuh bagian; Ethics,;Political Philoshophy; Metaphysics; Philoshopy of Religion; Theory of Knowledge; Logics; Contepmporary Philoshophy.
  4. Dr. M. J. Langeveld mengatakan filsafat adalah ilmu kesatuan yg terdiri atas tiga lingkungan masalah; lingkungan masalah keadaan (metafisika manusia, alam dan seterusnya); lingkungan masalah pengetahuan (teori kebenaran, teori pengetahuan, logika); lingkungan masalah nilai (teori nilai etika, estetika yg bernilai berdasarkan religi)
  5. Aristoteles, murid Plato mengadakan pembagian secara konkret dan sistematis menjadi empat cabang; Logika, ilmu ini dianggap sebagai ilmu pendahuluan bagi filsafat; Filsafat teoritis, cabang ini mencakup: ilmu fisika yg mempersoalkan dunia materi dari alam nyata, ilmu matematika yg mempersoalkan hakikat segala sesuatu dalam kuantitasnya dan ilmu metafisika yg mempersoalkan hakikat segala sesuatu (inilah yg paling utama dalam filsafat); Filsafat praktis, cabang ini mencakup: ilmu etika yg mengatur kesusilaan dan kebahagiaan dalam hidup perseorang, ilmu ekonomi yg mengatur kesusilaan dan kemakmuran dalam negara; Filsafat poetika/kesenian.
Pembagian Aristoteles ini merupakan permulaan yg baik sekali bagi perkembangan filsafat sebagai suatu ilmu yg dapat dipelajari secara runtut. Ajaran Aristoteles sendiri, terutama ilmu logika hingga sekarang masih menjadi contoh-contoh filsafat klasik yg dikagumi dan dipergunakan.

Walaupun pembagian ahli yg satu dg yg lain tidak sama, namun kita bisa melihat lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Dari pandangan para ahli tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa filsafat dalam coraknya yg istimewa ini mempunyai beberapa pokok bahasan yaitu, metafisika, logika, etika, estetika, epistemologi, dan filsafat-filsafat khusus.
  1. Metafisika: filsafat tentang hakikat yg ada di balik fisika, hakikat yg bersifat transenden, diluar jangkauan pengalaman manusia
  2. Logika: filsafat tentang pikiran yg benar dan yg salah
  3. Etika: filsafat tentang perilaku yg baik dan buruk
  4. Estetika: filsafat tentang kreasi yg indah dan yg jelek
  5. Epistemologi; filsafat tentang ilmu pengetahuan
  6. Filsafat-filsafat khusus lainya: filsafat agama, filsafat manusia, filsafat hukum, filsafat sejarah, filsafat alam, filsafat pendidikan dsb
Seperti yg telah diuraikan sebelumnya, filsafat sangat luas lapangan pembahasannya yg tujuannya ialah mencari hakikat kebenaran dari segala sesuatu, baik dalam kebenaran berpikir (logika), berperilaku (etika) maupun dalam mencari hakikat atau keaslian (metafisika). Maka persoalannya menjadi apakah sesuatu itu hakiki (asli) atau palsu (maya).

Dari tinjauan diatas dapat kita ambil secara garis besar bahwa dalam tiap-tiap pembagian cabang filsafat sejak jaman Aristoteles hingga dewasa ini bahasan-bahasan yg paling utama dalam ilmu filsafat selalu berputar di sekitar logika, metafisika dan etika. Inilah yg pada akhirnya membentuk aliran-aliran filsafat yg berkembang dalam masyarakat yg selanjutnya akan saya sampaikan sebagai pokok bahasan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar